Kamis, 03 November 2016

Pengertian, Jenis, Ciri dan Karakteristik Publik

Pengertian Publik

Drs. J.B.A.F. Mayor Polak
            Publik atau khalayak ramai adalah sejumlah orang yang mempunyai minat sama terhadap suatu kegemaran atau persoalan tertentu. Mempunyai minat yang sama tidak perlu harus mempunyai opini atau pendapat yang sama. Sebaliknya publik mengenal diskusi yang pro dan kontra suatu persoalan/masalah tertentu. Karena suatu masalah terutama masalah sosial itu sangat banyak dan biasanya actual maka dengan demikian jumlah publik juga banyak. Dengan adanya masalah yang baru, menghendaki pemecahan masalah tersebut dimana cara pemecahan/penyelesaiannya belum ada tradisi atau peraturan dan belum ada pengalaman untuk menyelesaikannya.
            Dengan demikian publik adalah sejumlah orang yang berminat dan merasa tertarik terhadap sesuatu masalah dan berhasrat mencari suatu  jalan keluar dan dengan mewujudkan tindakan yang konkrit.
            Dalam publik kurang ada sugesti dan mengekor tanpa berpikir tetapi sebaliknya ada diskusi sosial secara rasional atau sekurang-kurangnya ada kecenderungan untuk berpikir secara rasional.

Jenis Publik
1. Non publik
            Yaitu mereka yang tidak mempengaruhi atau terpengaruh oleh organisasi
Sebagai contoh:
seorang pengecer yang terdapat di bandung tidak akan memiliki pengaruh dan tidak akan di
pengaruhi oleh publik yang ada di bogor
2. Publik laten
            Yaitu kelompok yang menghadapi masalah tertentu sebagai akibat tindakan perusahaan,
namun mareka tidak mengetahui akibat tersebut sebagai produk perusahaan
Sebagai contoh :
Sebuah perusahaan tertentu yang melakukan perluasan bisnis akan menambah kemacetan
jalur lalulintas setempat, namun pemerintah lokal tersebut tidak menyadarinya.
3. Publik sadar
            Yaitu mereka yang mengetahui bahwa terdapat masalah
Sebagai contoh :
Perusahaan yang akan memperluas bisnis di atas di ketahui oleh pemerintah lokal setempat
melalui surat kabar yang memberitakan perluasan perusahaan tersebut.
4. Publik apatis
            Yaitu publik yang pada dasarnya tidak peduli dengan seluruh permasalahan dan secara
umum tidak termasuk publik.
5. Publik aktif
            Yaitu kelompok melakukan sesuatu terhadap masalah tertentu
Sebagai contoh :
masyarakat yang melakukan pemblokiran jalan di mana perusahaan yang memperluas jaringan bisnis tersebut berada

.
Ciri - Ciri Publik
ü  Suatu kelompok manusia yang tidak merupakan kesatuan (kelompok tidak teratur).
ü  Interaksi terjadi secara tidak langsung biasanya melalui media massa;
ü  Perilaku publik didasarkan kepada perilaku individu;
ü  Tidak saling kenal mengenal satu sama lain (anonim) dan terdiri dari berbagai lapisan masyarakat (heterogen);
ü  Mempunyai minat yang sama terhadap suatu masalah;
ü  Minat yang sama tersebut belum tantu mempunyai opini atau pendapat yang sama terhadap suatu masalah;
ü  Berusaha untuk mengatasi masalah tersebut;
ü  Adanya diskusi sosial karena itu publik ada “kecenderungan untuk berpikir secara rasional”

Karakteristik Publik
1.      Adanya Masalah yang Kontroversial
            masalah yang menimbulkan polemik, perbedaan pendapat, pro-kontra, setuju-tidaksetuju karena tidak lazim (menyimpang)
2.      Adanya Publik Secara Spontan
            Bentuk publik yang ada memang tidak harus terlihat secara fisik, namun demikian akan terasa adanya publik yang berkepentingan terhadap masalah tersebut. Tanpa diminta, tanpa diarahkan tercipta publik yang berbeda.
3.      Adanya Diskusi Sosial
            Proses terbentuknya opini publik adalah melalui proses diskusi, dapat langsung seperti kuliah, rapat dan seminar (tatap muka), juga melalui media massa seperti: acara diskusi/dialog interaktif di Metro TV mengenai berbagai isu aktual. 
4.      Adanya Opini yang Mudah Berubah dan Diubah 
            Opini-opini yang telah timbul dalam masyarakat yang mempermasalahkan hal-hal yang sedang hangat tersebut dapat berubah atau diubah setelah adanya berkembangan/informasi baru dari orang lain, pers, penjelasan pemerintah, dll (lhat  Perubahan Opini).

5.      Adanya Ekspresi atau Pernyataan Secara Spontan 
            Muncul pernyataan atau pendapat mengenai masalah sosial atau isu yang kontroversial, tanpa diarahkan, ditekan dan dipaksa, karena setiap masalah tersebutlah yang menimbulkan opini publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar